Designer ~ Adobe Ilustrator


Kamis, 16 April 2020

COVID-19 CoronaVirus



Assalamualaikum teman teman 

kali ini saya akan mensharing tentang virus corona yang sedang mewabah nih..
saya akan memeberi tahu asal usul virus ini, cara menanggualanginya dll..







Sejarah Singkat  COVID-19
Raihan Wahyu -  Baru-baru ini telah terjadi wabah COVID-19 atau Virus Corona. Yang memicu negara China kemudian menyebar ke negara negara lainnya.

Nama Corona diambil dari bahasa latin yang bermakna mahkota, sebab bentuk virus corona memiliki paku yang menonjol seperti mahkota dan korona matahari. Para ilmuan mengisolasi virus corona pada tahun 1937 yang menyebabkan penyakit bronkitis menular pada unggas.
Kemudian pada tahun 1965, dua orang peneliti Tyrell dan Bynoe menemukan bukti virus corona pada manusia yang sedang flu biasa, melalui kultur organ trakea embrionik yang diperoleh dari saluran pernapasan orang flu tersebut. 

Pada akhir 1960an, Tyrell memimpin sekelompok ahli virologi yang meneliti strain virus corona pada manusia dan hewan. Di antaranya termasuk virus bronkitis, virus hepatitis tikus, dan virus gastroenteritis babi yang dapat ditularkan, yang semuanya telah ditunjukkan secara morfologis sama seperti yang terlihat melalui mikroskop elektron. Kelompok virus baru bernama virus corona, kemudian secara resmi diterima sebagai genus baru.


Penularan COVID-19


Nah penularan virus corona ini bisa terjadi teman teman.

Penularan virus corona atau COVID-19 bisa terjadi melalui berbagai hal berikut : 


  • Droplets atau tetesan cairan yang berasal dari batuk dan bersin
  • Kontak langsung dengan penderitanya seperti berjabat tangan, menyentuh dll
  • Secara ngeja atau tidak sengaja menyentuh permukaan yang terdapat virus diatasnya kemudian menyentuh area mata, mulut, hidung

Oleh karena itu pantingnya kita mematuhi perintah untuk social distancing dan lockdown, yang di ajukan pemeritah.


Pencegahan Penularan COVID-19


dari berbagai penularan seperti di atas mari kita berusaha mencegah penularannya, supaya teman teman dan orang orang terhindar dari virus corona ini, serta menecegah penyebaran virusnya. Kita bisa lakukan 5 hal untuk pencegahannya, yaitu : 

  • Sering- sering mencuci tangan sesuai aturan supaya benar - benar bersih
  • Gunakan siku tangan saat kita batuk dan bersin
  • Jangan menyentuh wajah
  • Menjaga jarak satu sama lain
  • Melakukan kegiatan di rumah saja tidak keluar rumah


Tanda Tanda Terjangkit COVID-19

Adapun itu tanda- tanda jika terjangkit virus corona, supaya kita bisa antisipasi penularan , virus corona. Berikut adalah gejaa terjangkit virus corona, yaitu :

  • Demam
  • Batuk 
  • Gangguan pernapasan
  • Hidung tersumbat
  • Sakit kepala
  • Masalah pencernaan


Sekolah Libur Karena COVID-19


Salah satu dampak dari COVID-19 adalah diliburkannya sekolah, pemerintah mambuat kebijakan kepada seluruh sekolah sekolah sehingga para pelajar dan mahasiswa diliburkan sekolahnya. Tapi bukan berarti libur tidak ada pelajaran melainkan di tengah wabah Kemdikbud membuat kebijakan dengan Leraning at home/ Home Learning, Belajar dirumah melalui Daring/ Internet, Jadi siswa tetap mendapat materi pembelajaran seperti biasa.



Keseharian Di Rumah Saat COVID-19


Sudah pastinya kita harus mengikuti kebijakan Pemerintah dengan adanya lockdown, selain kita sebagai siswa mengikuti pembelajaran Daring , kita bisa menggunakan waktu luang untuk olahraga, bersih – bersih rumah, kumpul bareng kaluarga, Quality Time, dan jangan lupa kita wajib beribadah serta berdoa supaya wabah COVID-19 cepet selesai dan masyarakat bisa melakukan aktivitas seperti sedia kala.


Bedanya Sekolah dengan Home Learning (belajar jarak jauh


Apa mungkin ada perbedaan kan sama sama belajar?


memang sama- sama belajar tapi Home Learning kita belajar di rumah, bisa sambil santai santai, dan tidak terburu buru, nah pada saat home learning kita bisa didampingi dan dibimbing orangtua. Jadi Home Learning beda dengan hanya sekolah biasa 
Karena masing masing hal juga pasting ada kekurangan dan kelebihan




Jadi semua pasti ada positifnya dan adapula negatifnya menrut saya home learning bagus karena murid bisa search ke google dan belajar lebih santai di rumah dan bisa didampingi oleh orangtua tapi home learning pasti membuthkan media handphone komputer dll, tak hanya handphone dan komputer pasti harus manggunakan internet yang memumpuni dan pasti, jika ada murid yang tidak punya hp/internet pasti akan kesusahan dalam melakukan home learning, kalaupun murid tersebut ke Warrung internet (warnet) untuk mengerjakan tugas pasti akan dilarang karena harus tetap berada dirumah. 



apabila ada kurang/ kesalahan mohon maaf..


silahkan komen, share ke teman-teman kalian dan beri saran.. 





terimakasih..










Share:

0 comments:

Posting Komentar

Ads 970x90

Latest Posts

Cari Blog Ini

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Featured Post

Judul Buku                        : RANGKING 1st BUKAN SEGALANYA Bekal                                        Memantik Sukses Sesungguhnya P...

Continue reading

Formulir Kontak



Blog Archive